PENGARUH MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA KELAS III SDN DI GUGUS IV LABUAPI TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: Rahmawati, Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14916/1/skripsi%20fitria%20rahmawati_pdf.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14916/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model induktif kata bergambar terhadap keterampilan bercerita kelas III SDN di gugus IV Labuapi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas III di gugus IV Labuapi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling di SDN 2 Perampuan dengan kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen, dan IIIB sebagai kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan bercerita secara langsung dan lembar observasi keterlaksanaan model induktif kata bergambar. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel independen mendapatkan hasil thit sebesar -7,2218 dan ttab sebesar 1,6786. Nilai rata-rata keterampilan bercerita siswa pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 76,04 dan pada kelompok kontrol adalah 55,03. Besarnya pengaruh model induktif kata bergambar terhadap keterempilan bercerita siswa adalah 2,08 dengan kategori tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model induktif kata bergambar berpengaruh terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III SDN di Gugus IV Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019.