PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV GUGUS 03 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: Fisalasa, Disvina Yuliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14910/1/SKRIPSI%20DISVINA%20YULIANA%20FISALASA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14910/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV gugus 03 Kecamatan Pujut Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Gugus 03 Kecamatan Pujut sebanyak 149 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN 01 Kawo kelas A dan B sebanyak 38 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik pengujian yang digunakan adalah 1) Uji N-Gain untuk mengetahui selisih nilai pre-test dan post-test dengan hasil 0,33 pada kelompok eksperimen dengan kategori sedang dan 0,23 untuk kelompok kontrol dengan kategori rendah, 2) Uji t sampel independen dengan hasil t-hitung yang diperoleh adalah 4,367 dan t-tabel 2,028 (�h����� > ������), maka �� diterima dan �� ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan 3) Uji Effect Size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil 1,42 dengan kategori tinggi.