PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS KEHILANGAN KENDARAAN BERMOTOR PADA AREA PERPARKIRAN UMUM DI KOTA MARATAM
Main Author: | RIZALDI, SAHRUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14862/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14862/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kaitan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 7 tahun 2015 tentang Pengelolaan Parkir dengan Undang- undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen berkenaan dengan penggunaan jasa perparkiran umum di kota Mataram dan menjelaskan upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pihak konsumen atas kehilangan kendaraan atau barang akibat menggunakan jasa parkir di area perparkiran umum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang – undangan dan konseptual. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Parkir belum sejalan dengan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam hal perlindungan konsumen pengguna jasa parkir. hal itu ditunjukan masih adanya pencantuman klausula baku yang terdapat pada karcis. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen adalah melalui jalur pengadilan (litigasi) dan melalui jalur di luar pengadilan (non litigasi).