PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS VI KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | Febriandy, Andika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14789/1/Skripsi%20Andika%20Febriandy%20%28E1E015006%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/14789/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi sebanyak 124 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian adalah kelas V SDN 18 Cakranegara sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 3 Cakranegara sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 49 siswa. Data dari hasil belajar pre- test dan post-test diuji normalitasnya dengan uji kolmogorov-smirnov, kemudian diuji homogenitasnya menggunakan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Pada hasil belajar diperoleh nilai �����