PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS VI KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: Febriandy, Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14789/1/Skripsi%20Andika%20Febriandy%20%28E1E015006%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14789/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi sebanyak 124 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian adalah kelas V SDN 18 Cakranegara sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 3 Cakranegara sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 49 siswa. Data dari hasil belajar pre- test dan post-test diuji normalitasnya dengan uji kolmogorov-smirnov, kemudian diuji homogenitasnya menggunakan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Pada hasil belajar diperoleh nilai �����