ANALISIS KEUNTUNGAN DAN PEMASARAN STROBERI DI KAWASAN AGROWISATA SEMBALUN LOMBOK TIMUR
Main Author: | FITRIANI, FITRIANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14741/1/SKRIPSI_FITRIANI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14741/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Keuntungan usahatani stroberi di kawasan agrowisata sembalun, 2) pemasaran stroberi di sembalun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis adalah keuntungan dan pemasaran stroberi di kawasan agrowisata di Kecamatan Sembalun. Hasil penelitian ini menunjukkan keuntungan usahatani stroberi di kawasan sembalun bersumber dari kegiatan agrowisata dan penjualan stroberi secara biasa ke pasar bertais dengan total keuntungan sebesar Rp 19.232.390 yang terdiri dari pendapatan agrowisata sebesar Rp 14.743.333 dan dari usahatani stroberi sebesar Rp 8.576.000. Saluran pemasaran buah setroberi menggunakan dua saluran pemasaran yakni saluran satu (Produsen – Pedagang Pengecer Desa – Konsumen) dengan share petani/produsen mencapai 32% sehingga tidak efisien (kurang dari 60%), sedangkan pada saluran dua (Produsen – Konsumen) share petani/produsen mencapai 100% sehingga pemasaran efisien.