PRESTASI BELAJAR SISWA SD BERLATAR BELAKANG PAUD DENGAN YANG TIDAK (STUDI KASUS GUGUS 1 KECAMATAN LINGSAR TAHUN AJARAN 2016/2017)

Main Author: ASLIKAH, LILIQ
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1469/1/SKRIPSI%20LILIQ%20ASLIKAH%20%28E1E213106%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1469/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan prestasi belajar siswa SD berlatar belakang PAUD dengan yang tidak berlatar belakang PAUD di Gugus 1 Kecamatan Lingsar tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Teknik ini digunakan bila populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Peneliti menetapkan sampel sebanyak 82 siswa SD berlatar belakang PAUD dan 62 siswa SD yang tidak berlatar belakang PAUD. Hasil penelitian menunjukan prestasi belajar siswa SD berlatar belakang PAUD memperoleh rata-rata sebesar 78,03 masuk katagori cukup. Sedangkan prestasi belajar siswa SD yang tidak berlatar belakang PAUD memperoleh rata-rata sebesar 75,01 masuk katagori rendah. Jadi terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar sebesar 3,02. Selanjutnya data dianalisis menggunakan Uji t-tes dua sampel indipenden dengan rumus polled varian. Hasil analisis data diperoleh = 3,20817 ≥ (dk 142, ts5%)= 1,97681. Maka dapat simpulkan “Terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa SD berlatar belakang PAUD dengan yang tidak (studi kasus Gugus 1 Kecamatan Lingsar tahun Ajaran 2016/2017)”.