PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS 6 SAKRA

Main Author: Prabarini, Ratri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14406/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14406/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika Siswa Kelas V SN Gugus 6 Sakra. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto tipe Causal Comparative Research, Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 6 Sakra. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa dengan teknik sampling purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan tes uraian soal cerita. Data yang diperoleh berjenis data kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa t hitung 3,446 > t tabel 1,671 dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan N = 60. Sedangkan besar pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika sebesar 17%. Hasil yang dicapai mengindikasikan adanya pengaruh signifikan yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Gugus 6 Sakra.