UPAYA GURU PPKn DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 MATARAM
Main Author: | RATNASARI, DESI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14402/1/SKRIPSI%20%28Desi%20Ratnasari%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/14402/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan: (1) Upaya guru PPKn dalam menanamkan sikap Nasionalisme melalui pembelajaran pada siswa; (2) Kendala atau hambatan guru PPKn dalam menanamkan sikap Nasionalisme pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Temuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, upaya guru PPKn dalam menanamkan sikap Nasionalisme melalui pembelajaran pada siswa, yang meliputi: (1) Pola pembiasaan, seperti guru mengucapkan salam ketika hendak masuk kelas, mengecek kehadiran siswa, memulai pelajaran dengan berdoa, menjelaskan tujuan dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, mengajak siswa menyanyikan lagu nasional serta membiasakan siswa aktif; (2) Kegiatan keteladanan/modeling, seperti guru menggunakan produk buatan dalam negeri, menggunakan bahasa Indonesia yang baik, memulai pembelajaran tepat waktu serta memajang gambar presiden dan gambar pahlawan; (3) Guru PPKn memperingatkan siswa ketika datang terlambat, memperingatkan siswa ketika tidak berpakaian rapi; (4) Penggunaan cerita, guru menggunakan cerita perjuangan, cerita keteladanan dan cerita motivasi; (4) Penggunaan media, guru memajang gambar para pahlawan, lambang Negara dan gambar presiden; (5) Penggunaan metode, guru PPKn menggunakan metode permaianan tradisional yaitu main benteng; (6) Suasana belajar sesuai dengan yang di harapkan, memberikan kesimpulan, memotivasi siswa serta mengakhiri pelajaran dengan berdoa. Kedua, kendala atau hambatan guru PPKn dalam menanamkan sikap nasionalisme melalui pembelajaran pada siswa; guru PPKn merasa tidak adanya kendala dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa.