PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION & GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS VI KECAMATAN JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: NOVIANI, NIDYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14397/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14397/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV di SDN Gugus VI Kecamatan Jonggat tahun 2018/2019. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Jonggat , sedangkan sampelnya adalah kelas IV SDN 1 Perina sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 2 Pengenjek sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t. Diperoleh thitung sebesar 3,97 sedangkan ttabel sebesar 2,008 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara metode Giving Question and Getting Answer (GQGA). Hasil uji effect size dapat diketahui bahwa nilai effect size dengan menggunakan Cohen’s d sebesar 0,92, maka pengaruh yang diberikan dari penggunaan metode Giving Question And Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa pada penelitian ini adalah sebesar 0,92 dan tergolong sedang berdasarkan klasifikasi effect size Cohen’s d. Dengan demikian peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode Giving Question and