PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 6 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | HARYANI, HARYANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14395/1/SKRIPSI%20HARYANI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14395/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Cakranegara pada mata pelajaran Matematika tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 Cakranegara yang berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk data hasil belajar Matematika siswa dan dokumentasi. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians yang berbantuan program analisis statistik SPSS16. Hasil perhitungan pengujian hipotesis menggunakan t-test polled varians dengan bantuan SPSS16 dengan taraf signifikan < 0.05. Terdapat nilai pretest dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,082 dan terdapat nilai posttest dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,016 sehingga dapat disimpulkan bahwa