PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK
Main Author: | SARI, YULYATNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14357/1/yulyatna%20okkk.pdf http://eprints.unram.ac.id/14357/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kausalitik terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, (2) mengetahui pengaruh penguasaan konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika dan (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran kausalitik dan penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan quasi-experiment dengan desain penelitian untreated control group design with pretest-and posttest. Populasinya seluruh peserta didik kelas X MS SMAN 1 Narmada yang berjumlah 396 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih X MS 1 sebagai kelas eksperimen dan X MS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran kausalitik sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah (KPM) dengan mempertimbangkan validitas, reabilitas, taraf kesukaran soal dan daya beda soal. Data Posttest KPM diuji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalan. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa jika sig<0,05 maka �� diterima: (1) model pembelajaran kausalitik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, karena nilai signifikan 0,021; (2) penguasaan konsep fisika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, karena nilai signifikan 0,007; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kausalitik dan penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, karena nilai signifikan 0,740.