PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MOBILE POCKET BOOK FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK

Main Author: Noviatika, Rindayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14351/1/SKRIPSI%20PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20MASALAH%20BERBANTUAN%20MOBILE%20POCKET%20BOOK%20FISIKA%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20DAN%20KREATIVITAS%20PESERTA%20DIDIK.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14351/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik kelas X SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Mataram. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas X MIPA 5 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebanyak 27 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book fisika dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah adalah instrumen tes berupa tes uraian sebanyak 5 butir soal dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas peserta didik adalah instrumen tes berupa tes uraian sebanyak 8 butir soal. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji-t memperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 5,832 dan kreativitas sebesar 2,510 yang lebih kecil dari yaitu sebesar 2,003 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik. Hasil ini dapat dibuktikan dengan uji N-gain, dimana terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu 60% untuk kelas eksperimen dan 34% untuk kelas kontrol dengan kedua kelas termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan Kreativitas yaitu 35% pada kelas eksperimen dengan kategori sedang dan 28% pada kelas kontrol dengan kategori rendah.