PENGARUH METODE CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA KELAS II SDN 6 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: DEWI, SARTIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14348/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14348/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode concept sentence terhadap kemampuan menulis kalimat siswa kelas II SDN 6 Cakranegara tahun pelajaran 2018/2019. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II/B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas II/A sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes kemampuan menulis kalimat dengan menggunakan rubrik. Data yang diperoleh diuji menggunakan rumus uji t yakni uji Polled Varians pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata selisih kelas eksperimen yang menggunakan metode Concept Sentence lebih besar dari pada nilai rata-rata selisih kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu 18,29 > 13,68. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,00 > 2,0021 pada taraf signifikansi 5% dengan dengan derajad kebebasan (dk) = n1+ n2 – 2 = 35 + 25 - 2 = 58. Serta berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa adanya pengaruh metode Concept Sentence terhadap kemampuan menulis kalimat siswa sebesar 13,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode concept sentence berpengaruh terhadap kemampuan menulis kalimat siswa kelas II SDN 6 Cakranegara tahun pelajaran 2018/2019.