PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS 3 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | ELYS, HETY ADELYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14326/1/SKRIPSI%20HETY%20ADELYA%20ELYS.pdf http://eprints.unram.ac.id/14326/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) terhadap hasil belajar dan retensi peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V Tahun Ajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Pujut. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VB SDN 1 Kawo sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Barepaok sebagai kelas kontrol. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Manova dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Kriteria pengujian jika nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena nilai signifikan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V dan (2) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berpengaruh terhadap retensi peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V.