MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI MELALUI PROGRAM SPECIAL EDUCATION NEEDS (SEN) DI SEKOLAH DASAR BUIN BATU SUMBAWA BARAT
Main Author: | HABIBI, HERMAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14321/1/HALAMAN%20JUDUL%20TESIS-CETAKAN%20AKHIR.pdf http://eprints.unram.ac.id/14321/2/ABSTRAK.pdf http://eprints.unram.ac.id/14321/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi bagaimana manajemen prndidikan inklusi melalui program Special Education Needs (SEN) di SD Buin Batu Sumbawa Barat yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui studi kasus (Case study) dengan objek penelitian di SD Buin Batu Sumbawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Buin Batu mengelola pendidikan inklusi melalui Program SEN dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan: a) pembentukan Tim Pendidikan Inklusi; b) perumusan deskripsi kerja Tim pendidikan inklusi; c) perumusan kebijakan mutu (Quality Policy) dan tujuan program pendidikan inklusi; d) Perumusan Standard Operational Procedures (SOP) yang terdiri dari Prosedur penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Handling Special Need Students Procedures), prosedur rekaman konseling individu (Individual counseling Records Procedures), dan Prosedur aplikasi instrumen (Instrument Application Procedures). Pelaksanaan dilakukan dengan menerapkan model substitusi dan modifikasi kurikulum yang dilandasi oleh prinsip-prinsip program SEN seperti: a) analisis kebutuhan belajar siswa; b) merancang model layanan inklusi; c) diferensiasi penilaian. Pengawasan dilakukan dengan walkthrough supervision secara reguler dan non reguler. Evaluasi pelaksanaan pendidikan inklusi dilakukan melalui appraisal system dengan: a) merancang standar kinerja; b) melakukan penilaian kinerja; c) membuat refleksi dan tindakan peningkatan.