PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 4 MATARAM

Main Author: APRIANI, LILIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14288/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14288/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Peneliti ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design.Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara random setelah dilakukan penyepadanan kelas.Kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan instrumen penelitian.Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui uji t dan N-Gain yang sudah memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Impikasinya praktis adalah model (ARCS) dapat digunakan secara teoritis memperkuat teori-teori belajar sebagai background teori pengembangan model pembelajaran.