PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK KELAS V

Main Author: LAILATURRAHMAH, ETIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14273/1/Skripsi%20Etika%20Lailaturrahmah.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14273/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPA di SD Gugus 4 Kota Mataram, dimana peserta didik ketika pembelajaran IPA lebih ditekankan untuk menghapal konsep-konsep. Hal tersebut menghabat tercapainya tujuan instruksional IPA di SD. Seharusnya pembelajaran IPA di SD menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengkonstruk pengetahuan yang dimiliki peserta didik. Oleh karena itu salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu dengan penggunaan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap retensi dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V di SD Gugus 4 Mataram. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 51, terdiri dari 22 peserta didik pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model PBL, dan 29 peserta didik pada kelas kontrol yang diberika perlakukan dengan mdoel konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis, untuk mengukur retensi tes tulis berbentuk pilihan ganda dan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis tes tulis berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan yaitu Uji t sampel independen berbantuan program analisis statistik SPSS 21.0 for Windows. Rata-rata retensi kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 67.72, begitu juga dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu sebesar 51.63. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap retensi sebesar 0.000, sedangkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0.004. Berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari (<) 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa; a) Model PBL berpengaruh terhadap retensi IPA peserta didik kelas V, b) model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V.