PENGARUH PERMAINAN SANDIWARA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 13 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: MUAIYANA, RAUDATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14272/1/SKRIPSI_Raudatul%20Muaiyana_E1E015094_PGSD_2015_PDF.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14272/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan sandiwara boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 13 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 13 Ampenan sejumlah 145 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas VC dan VD SDN 13 Ampenan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berbicara siswa menggunakan rubrik penilaian (pretest-posttest). Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 16. Pengujian hipotesis penelitian dianalisis menggunakan perhitungan uji independent sample t-test. Hasil penlitian menunjukkan nilai t-hitung 6.620 ≥ t-table 1.671 pada taraf signifikan 5% dengan df= 58 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis penelitian diterima berbunyi ada pengaruh permainan sandiwara boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 13 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya pengaruh permainan sandiwara boneka tangan terhadap keterampilan berbicara sebesar 43% (berkategori sedang), dan 57% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan melakukan permainan sandiwara boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan permainan ini dalam dunia pendidikan.