PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS III SDN 2 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | MAESARAH, MAESARAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14264/1/skripsi%20-%20revisi%20ujian.pdf http://eprints.unram.ac.id/14264/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas III SDN 2 Rumak tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 2 Rumak yaitu sebanyak 45 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah keterampilan unjuk kerja dan observasi dengan instrumen penelitian menggunakan rubrik penelitian dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung 2.551 sedangkan ttabel 2.017 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 43 sehingga thitung 2.551 > ttabel 2.017 maka dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas III SDN 2 Rumak tahun pelajaran 2018/2019.