ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IX MATERI STATISTIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI SMPN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | Putriani, Ni Putu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14252/1/SKRIPSI%20NI%20PUTU%20PUTRIANI%20%28E1R014038%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/14252/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Selain itu juga untuk mengetahui penyebab dan tingkat kesalahan siswa di setiap jenis kesalahan. Analisis dilakukan berdasarkan kriteria Watson pada materi statistika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMPN 4 Mataram tahun pelajaran 2018/2019, sebanyak 262 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX.9 sebanyak 29 siswa, diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan mencakup tujuh jenis kesalahan berdasarkan kriteria Watson, meliputi (1) data tidak tepat (2,86%), (2) prosedur tidak tepat (34,29%), (3) data hilang (8,57%), (4) kesimpulan hilang (14,29%), (5) konflik level respon (28,57%), (6) manipulasi tidak langsung (5,71%), dan (7) masalah hirarki keterampilan (5,71%). Kategori tingkat kesalahan dibagi dalam 5 tingkat, namun dalam penelitian ini 2 tingkat tingkat tidak muncul, sehingga hanya ada 3 tingkat yang muncul, yaitu sangat rendah, rendah, dan cukup tinggi. Kesalahan tingkat sangat rendah disebabkan oleh siswa kurang teliti mengerjakan soal dan dalam melakukan perhitungan. Kesalahan tingkat rendah disebabkan oleh siswa kurang teliti membaca perintah soal. Kesalahan tingkat cukup tinggi disebabkan oleh siswa terburu-buru mengerjakan soal dan siswa tidak memahami maksud soal.