PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH DUA PUTARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 2 AIKMEL

Main Author: HALIMAH, HALIMAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14246/1/SKRIPSI%20-%20HALIMAH%20%28E1Q015018%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14246/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pemecahan masalah dua putaran terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X di SMAN 2 Aikmel tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain untreated control group design with pretest and posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA di SMAN 2 Aikmel. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas X MIA 2 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pemecahan masalah dua putaran sedangkan kelas kontrol pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah instrumen tes berupa tes uraian sebanyak 10 butir soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t polled varians. Analisis data menunjukkan yang artinya ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pemecahan masalah dua putaran terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X di SMAN 2 Aikmel.