PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Main Author: NOVALIANTI, KADEK ESSY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14244/1/KADEK%20ESSY%20NOVALIANTI%20PDF%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14244/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan (3) interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 × 2. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model brain based learning berbantuan brain gym sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diambil menggunakan tes essay untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan angket untuk mengetahui motivasi belajar fisika peserta didik. Hasil tes akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 61,6 dan nilai rata- rata kelas kontrol 52,4. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anava dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) terdapat pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; serta 3) tidak terdapat interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.