PENGARUH METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 5 SDN GUGUS V AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: MAULIA, MELA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14236/1/skripsi%20mela%20maulia.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14236/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode learning starts with a question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN gugus V Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen nonequivalent control group design. Dalam melaksanakan rancangan penelitian tersebut, penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan dengan uji kesetaraan dengan placement test. Skor pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Melalui uji statistik tersebut diketahui bahwa taraf kepercayaan 95%, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode learning starts with a question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN gugus V Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan effect size sebesar 0,625. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan teori-teori yang relevan yang menunjukkan bahwa metode learning starts with a question (LSQ) mampu melatih kegiatan belajar yang menunjang perkembangan kemampuan berpikir kritis.