PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR BICARA MENULIS (THINK TALK WRITE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI MIPA MAN 2 MATARAM
Main Author: | Muhsin, Lalu Busyairi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14235/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14235/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berpikir Bicara Menulis Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia materi koloid. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 2 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas Kontrol. Pada kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model TTW sedangkan pada kelas Kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Konvensional metode Ceramah. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukan thitung (2,097) > ttabel (1,669) yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran TTW memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap Hasil Belajar Sistem Koloid Siswa kelas XI MIPA MAN 2 Mataram.