PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM PADA PEMBELAJARAN KOORDINAT KARTESIUS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | SUHAIRATUN, MASRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14230/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14230/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram pada pembelajaran koordinat kartesius dengan menerapkan model kooperatif tipe snowball throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari lima tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas siswa diperoleh dari hasil observasi dalam tiap pertemuan dan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang diadakan tiap akhir siklus. Aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila skor aktivitas siswa minimal berkategori tinggi dan prestasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila rata-rata nilai siswa minimal 75 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal lebih dari atau sama dengan 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian sudah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII F SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2018/2019.