PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERPADUAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 2 MATARAM

Main Author: SASMI, EKA LARAS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14076/1/SKRIPSI%20EKA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14076/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning berpaduan Picture And Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siwa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa melalui teknik random sampling setelah dilakukan penyepadanan kelas. Data hasil kemampuan berpikir kritis siswa diambil menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 22 butir soal yang sudah memenuhi persyaratan instrument penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif melalui uji parametrik yang terlebih dahulu diuji persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (6,508) > ttabel (2,000) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning berpaduan Picture And Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siwa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Mataram. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut, maka model pembelajaran Brain Based Learning berpaduan Picture And Picture sangat dianjurkan untuk diterapkan dalam pembelajaran Sosiologi karena dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.