PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: SARI, MAYANG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14065/1/SKRIPSI%28E1R113037%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14065/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gunungsari pada materi sistem persamaan linear dua variabel tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan minimal dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah kriteria aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan prestasi belajar siswa meningkat apabila rata-rata skor yg diperoleh siswa lebih dari atau sama 72 dan tuntas secara klasikal yaitu lebih dari atau sama 85% data aktivitas belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi dan prestasi belajar siswa diambil menggunakan tes berupa uraian pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 dengan kategori cukup aktif. Kemudian rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan 1 dengan kategori aktif dan pertemuan 2 dengan kategori aktif. Hasil evaluasi pada siklus 1 menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi belajar siswa yang dicapai sebesar 68,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67,85%. Kemudian hasil evaluasi pada siklus II menujukkan bahwa rata-rata skor prestasi belajar siswa yang dicapai sebesar 78,75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 89,28%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Gunungsari tahun pelajaran 2017/2018.