PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERPADUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SMAN 6 MATARAM

Main Author: NURIERA, ANDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/13929/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/13929/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem solving berpaduan mind mappingterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan bentuknonequivalen control grup design. Sampel penelitian kelas eksperimen pada kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol pada kelas XI IPS 1 melalui teknik random sampling setelah dilakukan penyepadanan kelas.Data berpikir kritis Sosiologi diambil menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 21 butir soal yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian.Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif melalui uji-t dan N-Gainyang sudah memenuhi persyaratan analisis. Hasil uji t menunjukkan bahwa ������� 3,33 > nilai ������ 2,021 pada taraf signifikan 5% dan hasil uji N-Gain kelas eksperimen adalah 50,6 dengan kategori “sedang”, sedangkan uji N-Gain kelas kontrol adalah 37,4 dengan kategori “sedang” yang menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berpaduan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 6 Mataram.