PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RA MUSLIMAT NW MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: NURLINA KARMILA, NURLINA KARMILA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/13895/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unram.ac.id/13895/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi olehhasil observasi di TK RA Muslimat NW Mataram terkait dengan perkembangan anak seperti bercerita, menjawab pertanyaan, menyimak dan tampil di depan masih kurang, sehingga dalam penelitian ini akan di bahas tentang bagaimana mengembangkan kemampuan bercerita melalui media gambar berseri pada anak usia 5-6 tahun di TK RA Muslimat NW Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui bagaimana pengembangan kemampuan bercerita melalui media berseri pada anak usia 5-6 tahun di TK RA Muslimat NW Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun jumlah subyek penelitian adalah sebanyak 25 anak dengan usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap penembanan I di peroleh hasil kemampuan bercerita anak masih kurang dan perlu ditingkatkan, dimana anak mencapai nilai rata-rata 64% dengan kategori mulai berkembang. Sementara pada tahap perkembangan II mulai mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata perkembangan kemampuan bercerita mencapai 76% dengan kategori mulai berkembang. Dan pada tahap perkemangan III nilai rata-rata perkembangan kemampuan bercerita meningkat mencapai 84% dengan kategori berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui media gambar berseri.