Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 6 Korleko Tahun Pelajaran 2018/2019
Main Author: | Noviandi, Ahmad Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/13854/1/Skripsi%20%28AHMAD%20RIZKI%20NOVIANDI%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/13854/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 6 Korleko Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas. Pengambilan dilakukan dengan teknik Nonprobablity sampling yaitu jenis sampeling jenuh Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sedangkan berdasarkan hasil uji Normalitas dan Homogenitas data menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah sebesar 52,39 dan kelas eksperimen sebesar 50,06, sedangkan nilai rat-rata posttest kelas kontrol sebesar 63,35 dan kelas eksperimen sebesar 73,16. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji-T Polled varians. Dari hasil Uji hipotesis diperoleh Thitung > Ttabel, yaitu 3,03 > 1,67 pada taraf signifikansi 5%, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA diukur menggunakan uji N-Gain dengan hasil sebesar 0,462 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 6 Korleko Tahun Pelajaran 2018/2019.