ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN SEMESTER GENAP MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 PRAYA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: INSANI, SISLIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/13715/1/SKRIPSI%20PDF%20SISLIANA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/13715/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajan Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Praya Tengah Tahun Ajaran 2017/2018 yang ditinjau dari segi Validitas,Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Praya Tengah Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 41 orang. Objek penelitian ini adalah soal dan kunci jawaban ujian semester genap Mata Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 butir soal objektif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ditinjau dari segi Validitas, soal yang valid berjumlah 23 butir soal (77%) dan soal yang tidak valid berjumlah 7 butir soal (23%); ditinjau dari segi Reliabilitas, termasuk soal yang memiliki reliabilitas yang tinggi yaitu dengan koefisien sebesar 0,82; ditinjau dari segi Tingkat Kesukaran, jumlah soal yang termasuk dalam kategori sukar ada 1 butir (3%), yang termasuk kategori sedang ada 12 butir (40%), dan yang termasuk dalam kategori mudah ada 17 butir (57%); ditinjau dari segi Daya Pembeda, jumlah soal yang berkategori jelek sebanyak 10 butir (33%), berkategori cukup sebanyak 7 butir (23%), berkategori baik sebanyak 13 butir (44%); ditinjau dari segi Efektivitas Pengecoh, terdapat 18 butir soal (60%) dengan pengecoh yang sangat baik, 9 butir soal (30%) dengan pengecoh yang baik, 3 butir soal (10%) dengan pengecoh yang kurang baik; berdasarkan analisis kualitas, butir soal yang termasuk dalam kategori sangat baik berjumlah 2 butir soal (6,6%), butir soal yang termasuk dalam kategori baik berjumlah 13 butir (43,3%) , butir soal yang termasuk dalam kategori kurang baik berjumlah 9 butir soal (30%) dan butir soal yang termasuk dalam kategori tidak baik berjumlah 6 butir soal (20%).