ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | USRO, JAISYUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/13714/1/SKRIPSI%20JAISYUL%20USRO.pdf http://eprints.unram.ac.id/13714/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kemampuan berpikir kreatif dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 19 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII B sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah secara umum dominan pada tingkat ke-1 (kurang kreatif) sebanyak 59,37%, kemudian dikuti siswa yang berada berada pada tingkat ke-3 (sangat kreatif) sebanyak 21,87%. Selanjutnya siswa yang berada pada tingkat ke-2 (kreatif) sebanyak 12,5% dan terakhir siswa yang berada pada tingkat ke-0 (tidak kreatif) sebanyak 6,25%.; (b) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah pada umumnya dominan pada indikator kefasihan yaitu 81,2%. Kemudian diikuti indikator fleksibilitas yaitu 21, 8%. Serta yang terakhir indikator kebaruan yaitu 12,5%.