ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: USRO, JAISYUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/13714/1/SKRIPSI%20JAISYUL%20USRO.pdf
http://eprints.unram.ac.id/13714/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kemampuan berpikir kreatif dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 19 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII B sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah secara umum dominan pada tingkat ke-1 (kurang kreatif) sebanyak 59,37%, kemudian dikuti siswa yang berada berada pada tingkat ke-3 (sangat kreatif) sebanyak 21,87%. Selanjutnya siswa yang berada pada tingkat ke-2 (kreatif) sebanyak 12,5% dan terakhir siswa yang berada pada tingkat ke-0 (tidak kreatif) sebanyak 6,25%.; (b) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah pada umumnya dominan pada indikator kefasihan yaitu 81,2%. Kemudian diikuti indikator fleksibilitas yaitu 21, 8%. Serta yang terakhir indikator kebaruan yaitu 12,5%.