ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA PEMASARAN BENIH SAYURAN DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Main Author: LISTIAWATI, LISTIAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1349/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui saluran pemasaran benih sayuran di Kabupaten Lombok Barat, (2) mengetahui keuntungan dan kontribusi usaha pemasaran benih sayuan terhadap pendapatan produk lain, (3) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh pengusaha pemasar dalam usaha memasarkan benih sayuran di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey dengan wawancara 9 pengusaha yang memasarkan dan 5 pedagang pengecer benih sayuran di Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Saluran pemasaran benih sayuran (cabai, tomat, kacang panjang) terdiri dari dua saluran pemasaran yaitu : 1. Distributor  pengusaha yang memasarkan benih sayuran  konsumen akhir, dan 2. Distributor  pengusaha yang memasarkan benih sayuran  pedagang pengecer  konsumen akhir. Total margin pemasaran benih sayuran cabai tertinggi pada saluran pemasaran I sebesar Rp 12.450/10 gram, untuk benih sayuran tomat dan kacang panjang tertinggi pada saluran pemasaran II sebesar Rp 5.657/10 gram benih sayuran tomat dan Rp 11.400/80 gram benih sayuran kacang panjang. (2) Kontribusi usaha pemasaran benih sayuran sebesar 20,89% terhadap total usaha pemasaran produk. Pendapatan usaha pemasaran benih sayuran adalah Rp 1.806.873/bulan pada usaha pemasaran produk lain Rp 6.242.440/bulan. (3) Kendala yang dihadapi dari usaha memasarkan benih sayuran adalah permodalan dan persaingan.