EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN ENERGI GERAK PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN GUGUS II KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | HASANAH, USWATUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/13430/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20UUN.pdf http://eprints.unram.ac.id/13430/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian efektivitas metode pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SDN Gugus II Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SDN Gugus II Kecamatan Praya yang berjumlah 154 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Data angket dianalisis menggunakan rumus SMI dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 74,47 (sangat baik). Data hasil belajar dianalisis menggunakan gain ternormalisasi, diperoleh gain sebesar 17,142 dengan nilai rata-rata pre-test (51,428) dan rata-rata nilai post-test (68,571), sehingga pemerolehan gain score<g> ternormalisasi sebesar 0,352 dalam kriteria sedang. Data yang diperoleh dari angket dan hasil belajar dianalisis menggunakan rumus korelasi pearson product moment, diperoleh thitung<ttabel (0,164<0,312) pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak yang berbunyi penggunaan metode discovery learning tidak efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SDN Gugus II Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2018/2019.