PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarIPS MenggunakanMetodePermainanWhat’s My Line(ApaTemaSaya) SiswaKelasIV SDN 2 Sesaot TahunPelajaran 2012/2013

Main Author: YISTIANI, MELINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/13018/1/cover.docx
http://eprints.unram.ac.id/13018/2/Halaman%20awal%20skripsi.docx
http://eprints.unram.ac.id/13018/3/Isi%20skripsi.docx
http://eprints.unram.ac.id/13018/4/lampiran.doc
http://eprints.unram.ac.id/13018/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sesaot. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Metode Permainan What’s my line (apa tema saya) pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sesaot tahun pelajaran 2012-2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV^B SDN 2 Sesaot yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siklus I yaitu 51,85% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,89%. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu memperoleh skor 14,2 atau berkategori cukup aktif, pada siklus II menjadi 16,95 atau berkategori aktif. Sedangkan skor untuk aktivitas guru juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I memperoleh skor 18 atau berkategori baik, pada siklus II memperoleh skor 22,5 atau berkategori sangat baik.Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengggunaan metode permainan what’s my line dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sesaot tahun pelajaran 2012/2013.