STUDI DESKRIPTIF-KORELATIF DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS 06 KECAMATAN MATARAM TAHUN 2017 JURNAL

Main Author: YUNI, RISA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1301/1/SKRIPSI_RISA%20YUNI_STUDI%20DESKRIPTIF-KORELATIF%20DISIPLIN%20BELAJAR%20DENGAN%20PRESTASI%20BELAJAR%20PPKn%20SISWA%20KELAS%20IV%20.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1301/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Gambaran Disiplin Belajar Siswa, Gambaran Prestasi Belajar PPKn Siswa, dan Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas IV SDN Gugus 06 Kecamatan Mataram Tahun 2017. Penelitian ini didasari dari permasalahan bahwa diduga disiplin belajar siswa berkaitan dengan prestasi belajar PPKn siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif Korelatif. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analasis korelasi product moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling pada siswa kelas IV SDN Gugus 06 Kecamatan Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata disiplin belajar siswa adalah 78 (tinggi). Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar PPKn siswa adalah 76 (baik). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar PPKn siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ( r ) antara variabel disiplin belajar dan prestasi belajar PPKn siswa adalah 0,258 pada taraf signifikansi 5% dengan rhitung > rtabel (0,258 > 0,220) (n=80, ts 5%) berada pada katagori rendah pada tabel interpretasi koefisien korelasi nilai r, yang berarti bahwa variabel disiplin belajar siswa dan variabel prestasi belajar PPKn siswa berkorelasi secara signifikan.