PENERAPAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGGUNA JASA ANGKUTAN DARAT (EKSPEDISI) PADA PT.SURYA INDAH CAKRAWALA DI KOTA MATARAM
Main Author: | IRSYAD, DZUL ARSYIL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/12998/1/abstrak.docx http://eprints.unram.ac.id/12998/2/KATA%20PENGANTAR%20sul.docx http://eprints.unram.ac.id/12998/3/skripsii.docx http://eprints.unram.ac.id/12998/4/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://eprints.unram.ac.id/12998/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan pengangkutan dalam menjalankan fungsinya, sering melakukan tindakan yang merugikan konsumen sehingga menghindar dari tanggung jawab. tujuan penelitian ini dalah, pertama, untuk mengetahui pada perusahaan angkutan darat (ekpedisi) PT. Surya Indah Cakrawala. Kedua, untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan angkutan darat (ekpedisi) PT. Surya Indah Cakrawala terhadap konsumen.Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian empiris. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata PT. Surya Indah Cakarawala belum menerapkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen khususnya pada Pasa-Pasal ; 4,7, dan 10. PT. Surya Indah Cakrawala relatif memberlakukan aturan dan ketentuan yang menguntungkan diri sendiri dari pada memenuhi rasa keadilan yang harus diterima konsumen. Pada bagian ini, pelaku usaha telah melanggar KUHD Pasal 1234 dan 1246. Simpulannya adalah bahwa pihak pelaku usaha harus memenuhi hak-hak dan kewajiban konsumen sebagai ganti rugi kepada konsumen atas kelalaian pihak pelaku usaha. Sarannya adalah pelaku usaha lebih meningkatkan pelayanan jasa angkutan yang menjamin hak-hak dan tanggung jawab konsumen.