PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN STANDAR DI BIDANG PERCETAKAN (Studi di Kota Mataram )

Main Author: UTAMI, KHOIRUNISA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12872/1/new%20lembar%20pengesahan.doc
http://eprints.unram.ac.id/12872/2/ICHA%20SKRIP.doc
http://eprints.unram.ac.id/12872/3/DAFTAR%20PUSTAKA.doc
http://eprints.unram.ac.id/12872/
ctrlnum 12872
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/12872/</relation><title>PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN STANDAR DI BIDANG PERCETAKAN&#xD; (Studi di Kota Mataram )</title><creator>UTAMI, KHOIRUNISA</creator><subject>KZ Law of Nations</subject><description>Perkembangan aktivitas perekonomian membuat dunia usaha berkembang dengan pesat, aktivitas perekonomian yang sangat dominan dilakukan adalah kegiatan perdagangan yang meliputi jual beli barang dan jasa. Salah satu bidang usaha jasa yang berkembang di kota Mataram adalah usaha jasa percetakan. Meningkatnnya pelaku usaha jasa percetakan dengan berbagai kualitas dan kuantitasnya, membuat konsumen harus cerdas dalam memilih untuk mendapatkan kepastian atas mutu jasa percetakan. Orientasi untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari penyelenggara jasa percetakan merupakan hal yang wajar, permasalahannya adalah ketika usaha untuk meraih keuntungan dilakukan dengan mengabaikan kepentingan konsumen. Untuk menghindari hal tersebut maka pemerintah membentuk Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.&#xD; Maka yang menjadi pokok permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian untuk menyusun skripsi ini adalah :&#xD; 1. Bagaimana efektifitas penerapan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di kota Mataram ?&#xD; 2. Bagaimana Bentuk tanggung jawab dari pelaku usaha percetakan terhadap kerugian konsumen di kota Mataram ?&#xD; &#xD; Jenis penelitian yang dipakai pada skripsi ini adalah penelitian normatif empiris, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis dan pendekatan yuridis normatif . &#xD; Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis tentang aspek perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan perjanjian standar oleh pelaku usaha percetakan di kota Mataram, maka dapat disimpulkan :&#xD; 1. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen berlaku belum efektif karena dari aspek substansi dan struktur hukum telah cukup baik dan tegas, namun dari aspek kultur / budaya hukum masih kurang efektif karena masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat/ konsumen, kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan masih kurangnya kesadaran pelaku usaha untuk mematuhi undang-undang dan memposisikan konsumen seimbang dengan pelaku usaha. Bentuk ganti kerugian yang diberikan oleh pelaku usaha percetakan atas kerugian yang dialami konsumen karena kesalahan dari pelaku usaha percetakan adalah ganti rugi secara penuh berupa perbaikan pencetakan, konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun kecuali telah ditentukan lain sebelumnya oleh pelaku usaha percetakan dan konsumen. Dalam kenyataan di lapangan, masih ada pelaku usaha yang tidak bersedia mengganti kerugian konsumen dengan menggunakan klausul eksonerasi.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/12872/1/new%20lembar%20pengesahan.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/12872/2/ICHA%20SKRIP.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/12872/3/DAFTAR%20PUSTAKA.doc</identifier><identifier> UTAMI, KHOIRUNISA (2010) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN STANDAR DI BIDANG PERCETAKAN (Studi di Kota Mataram ). S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>12872</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author UTAMI, KHOIRUNISA
title PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN STANDAR DI BIDANG PERCETAKAN (Studi di Kota Mataram )
publishDate 2010
topic KZ Law of Nations
url http://eprints.unram.ac.id/12872/1/new%20lembar%20pengesahan.doc
http://eprints.unram.ac.id/12872/2/ICHA%20SKRIP.doc
http://eprints.unram.ac.id/12872/3/DAFTAR%20PUSTAKA.doc
http://eprints.unram.ac.id/12872/
contents Perkembangan aktivitas perekonomian membuat dunia usaha berkembang dengan pesat, aktivitas perekonomian yang sangat dominan dilakukan adalah kegiatan perdagangan yang meliputi jual beli barang dan jasa. Salah satu bidang usaha jasa yang berkembang di kota Mataram adalah usaha jasa percetakan. Meningkatnnya pelaku usaha jasa percetakan dengan berbagai kualitas dan kuantitasnya, membuat konsumen harus cerdas dalam memilih untuk mendapatkan kepastian atas mutu jasa percetakan. Orientasi untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari penyelenggara jasa percetakan merupakan hal yang wajar, permasalahannya adalah ketika usaha untuk meraih keuntungan dilakukan dengan mengabaikan kepentingan konsumen. Untuk menghindari hal tersebut maka pemerintah membentuk Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Maka yang menjadi pokok permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian untuk menyusun skripsi ini adalah : 1. Bagaimana efektifitas penerapan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di kota Mataram ? 2. Bagaimana Bentuk tanggung jawab dari pelaku usaha percetakan terhadap kerugian konsumen di kota Mataram ? Jenis penelitian yang dipakai pada skripsi ini adalah penelitian normatif empiris, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis dan pendekatan yuridis normatif . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis tentang aspek perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan perjanjian standar oleh pelaku usaha percetakan di kota Mataram, maka dapat disimpulkan : 1. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen berlaku belum efektif karena dari aspek substansi dan struktur hukum telah cukup baik dan tegas, namun dari aspek kultur / budaya hukum masih kurang efektif karena masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat/ konsumen, kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan masih kurangnya kesadaran pelaku usaha untuk mematuhi undang-undang dan memposisikan konsumen seimbang dengan pelaku usaha. Bentuk ganti kerugian yang diberikan oleh pelaku usaha percetakan atas kerugian yang dialami konsumen karena kesalahan dari pelaku usaha percetakan adalah ganti rugi secara penuh berupa perbaikan pencetakan, konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun kecuali telah ditentukan lain sebelumnya oleh pelaku usaha percetakan dan konsumen. Dalam kenyataan di lapangan, masih ada pelaku usaha yang tidak bersedia mengganti kerugian konsumen dengan menggunakan klausul eksonerasi.
id IOS5428.12872
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:10:25Z
last_indexed 2019-05-08T15:10:25Z
recordtype dc
_version_ 1686351264395296768
score 17.538404