PENGARUH PENDEKATAN BERPIKIR KAUSALITIK BER- SCAFFOLDING TIPE 2b BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA di MAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: FAJRI, AKAD
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12779/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendekatan berpikir kausalitik ber- scaffolding tipe 2b berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika siswa di MAN 2 Praya tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah LKS dan alat tes KPM berbentuk essay sebanyak 4 soal telah diuji validitas dan reliabilitas soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen sebesar 59,55 dan kelas kontrol sebesar 50,83. Uji prasyarat menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut terdistribusi normal dan homogen. Data posttest dianalisis dengan menggunakan uji-t polled varian dan diperoleh ������� sebesar 2,33 sedangkan ��� � 2,02 dengan dk sebesar 43 dan taraf signifikan 5 %, karena ������� lebih besar ��� � maka � ditolak dan �� diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan berpikir kausalitik scaffolding tipe 2b berbantuan LKS berpengaruh terhadap KPM fisika siswa di MAN 2 Praya tahun pelajaran 2016/2017.