PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Main Author: | WIRDIATI, KAMILA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1258/1/SKRIPSI%20MILA.pdf http://eprints.unram.ac.id/1258/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn di MTs Al-Aziziyah Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimen dengan Static Group Comparison. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang sebagai kelas eksperimen dan 24 orang sebagai kelas statis. Instrument pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda 20 soal yang memenuhi validitas realibilitas. Berdasarkan hasilpenelitian yang diperoleh rata-rata hasil post test sebesar 71.25 pada kelas eksperimen dan 64.79 pada kelas statis. Hasil ini menunjukan nila it hitung (2.058) > t table (1.679). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbantuan media Puzzle di MTs Al-Aziziyah Putri.