TANGGUNG JAWAB BIRO PERJALANAN TERHADAP KONSUMEN AKIBAT WANPRESTASI (STUDI PADA PT. ALAM MULTI NASIONAL TOUR & TRAVEL)
Main Author: | ABDULRAHIM, ABDULRAHIM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/12524/1/SKRIPSI%20Abdulrahim%20D1014002.pdf http://eprints.unram.ac.id/12524/ |
Daftar Isi:
- Dalam sebuah pemenuhan perjanjian perjalanan wisata, dapat terjadi berbagai permasalahan yang berujung pada munculnya wanprestasi. Ada dua masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu mengenai bentuk substansi dan perjanjian PT. Alam Multi Nasional tour & travel dengan konsumennya dan bagaimana bentuk pertanggungjawaban terhadap kerugian konsumen akibat kelalaian pihak travel itu sendiri. Dalam penelitian ini metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Peraturan Perundang-undangan (Statue Approach) dan pendekatan konseptual (Conceptual Approach). Hasil penelitian ini menemukan bahwa PT. Alam Multi Nasional tour & travel melakukan perjanjian perjalanan wisata secara lisan sehingga hak dan kewajiban masing-masing pihak menjadi tidak jelas dan untuk penyelesaian masalah wanprestasi yang terjadi, dilakukan secara musyawarah dengan keputusan pihak travel akan memberikan ganti rugi berupa penggantian layanan sesuai dengan jumlah kerugian konsumen (upgrade room,free spa & massage, tiket penerbangan). Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan informasi bagi para travel agent mengenai tanggung jawab pelaku usaha dan perlindungan terhadap konsumen biro perjalanan (travel agent), sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan.