MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE OUTDOOR STUDY DENGAN TEKNIK CLUSTER PADA SISWA KELAS V SDN 3 BATU KUMBUNG KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Arianti, Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1240/1/skripsiit%20kiki.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1240/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas V SDN 3 Batu KumbungTahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa. Bahwa dari 21 siswa hanya 9 siswa (42%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 sedangkan 12 siswa (57%) nilainya di bawah KKM, dengan nilai tertinggi siswa, yaitu 92 dan nilai terendah siswa, yaitu 56. Ketuntasan klasikal mencapai 70% yang seharusnya mencapai minimal 85%. Berdasarkan studi pendahuluan, diketahui bahwa rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena dalam proses pembelajaran yang diterapkan di kelas, guru masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Dalam proses pembelajaran yang diterapkan di kelas, guru masih menggunakan metode ceramah yang menutup kemungkinan siswa untuk aktif. Guru mendominasi pembicaraan dan buku merupakan sumber belajar utama. Siswa merasa bosan dan mengantuk, sehingga tidak mendengar penjelasan guru. Untuk itu peneliti berusaha menerapkan metode outdoorstudy dengan teknik cluster untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan terdiri dari dua kali pertemuan. Kedua siklus ini memiliki tahapan yang sama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, melalui metode outdoor study dengan teknik cluster dapat meningkatkan hasil belajar IPA yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata