HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS II KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: HIDAYATUN, TRISNA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1237/1/SKRIPSI%20TRISNA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1237/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN gugus II Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengelolaan kelas yang dimaksud adalah tentang kegiatan mengurus dan mengatur segala sarana dan kondisi belajar di dalam kelas oleh guru yang meliputi pengaturan ruang kelas, peraturan kelas, prosedur pengelolaan pekerjaan siswa dan pengelolaan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, yaitu suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, sehingga didapatkan subjek penelitian sebanyak 55 siswa di SDN gugus II Kecamatan Lingsar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Untuk melihat hubungan antar variabel maka dilakukan uji-r dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung > rtabel (0,423 > 0,266). Dalam analisis korelasi terdapat suatu angka yang disebut dengan koefisien determinasi, yang besarnya adalah kuadrat koefisien korelasi ( untuk mengetahui berapa persen pengelolaan kelas memiliki kontribusi terhadap prestasi belajar IPS. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus II Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017 sebesar 0,423 (n=55, ts 5%) memiliki kontribusi atau kesamaan variasi sebesar 17,89%.