KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS IX SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DI TINJAU DARI GENDER

Main Author: TRISNAWATI, FITRI
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12263/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi statistika berdasarkan analisis kesalahan Newman, mengetahui tingkat kesalahan yang dilakukan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi statistika berdasarkan analisis kesalahan Newman, dan mengetahui perbedaan secara signifikan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi statistika berdasarkan analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gunungsari. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan cara teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IX C dan kelas IX E yang berjumlah 60 siswa. Tingkat kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki pada letak kesalahan membaca (Reading Errors) termasuk pada kategori sangat rendah, tingkat kesalahan memahami (Comprehension Errors) termasuk pada kategori sedang, tingkat kesalahan transformasi (Transformation Errors) termasuk pada kategori tinggi, tingkat kesalahan keterampilan proses (Process Skill Errors) termasuk pada kategori sedang, dan pada tingkat kesalahan penulisan jawaban (Encoding Errors) termasuk pada kategori sangat tinggi. Sedangkan tingkat kesalahan perempuan pada letak kesalahan membaca (Reading Errors) termasuk pada kategori sangat rendah, tingkat kesalahan memhami (Comprehension Errors) termasuk pada kategori rendah, tingkat kesalahan transformasi (Transformation Errors) termasuk pada kategori sedang, tingkat kesalahan keterampilan proses (Process Skill Errors) termasuk pada kategori sedang, dan pada tingkat kesalahan penulisan jawaban (Encoding Errors) termasuk pada kategori tinggi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (2,13) > ttabel (2,00) yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahwa ada perbedaan secara signifikan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi statistika berdasarkan analisis kesalahan Newman