UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 DASAN TERENG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: YUSARTI, BAIQ KIRANI JUNIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1223/1/Skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1223/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini, adalah ketercapaian hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Dasan Tereng belum mencapai KKM serta ketuntasan klasikal dari hasil belajar yang belum maksimal, sehingga perlu ada upaya untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data, yaitu tes dengan instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi dengan instrumen berupa lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan aktivitas guru pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II, berturut-turut adalah 57,7 dan 81,25 dengan ketuntasan klasikal 50% dan 87,5%. Presentase peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus II, adalah 37,5%. Berdasarkan penelitian ini dapat dinyatakan bahwa dengan menerapkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Dasan Tereng Tahun Ajaran 2017/2018.