PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 3 LINGSAR PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | HIDAYAH, BAIQ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1221/1/4.%20isi.pdf http://eprints.unram.ac.id/1221/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktitivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Lingsar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Lingsar pada materi segiempat melalui model discovery learning tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang diadakan tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 10,15 dengan kategori cukup aktif, dan skor aktivitas pada siklus II adalah 15,33 dengan kategori sangat aktif. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa , rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 77,25 dan 80,60 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 72% dan 88%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Lingsar dapat ditingkatkan pada materi segiempat melalui model discovery learning tahun ajaran 2016/2017.