PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS IV KECAMATAN SELAPARANG)

Main Author: HIDAYANTI, HILTIN ALWA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12142/1/Skripsi%20Full%20%28Pengaruh%20Iklim%20Sekolah%20terhadap%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20SD%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/12142/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa SD di Gugus IV Kecamatan Selaparang. Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen dengan jenis causal komparatif. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa SD di Gugus IV Kecamatan Selaparang yang berjumlah 1.106 orang. Sampel penelitian berjumlah 304 orang yang diambil dari dua sekolah dasar yakni SDN 10 Mataram dan SDN 34 Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling berjenis cluster random sampling. Data penelitian dikumpulan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan uji normalitas data menggunakan rumus One-Sample Kolmogorov-Smirnov yang dihitung menggunakan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil uji normalitas data menunjukkan bahwa data iklim sekolah memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,066 dan data hasil belajar siswa memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,081 yang artinya p-value > 0,05, sehingga data iklim sekolah dan data hasil belajar siswa terdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas data dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,788 yang menunjukkan bahwa p-value > 0.05, artinya data homogen. Tahap terakhir yakni pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus One Way Anova. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya p-value < 0,05 sehingga hipotesis nihil (H0) yang berbunyi tidak ada pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa SD di Gugus IV Kecamatan Selaparang tahun 2019 ditolak.