PENGGUNAAN FILM ANIMASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 15 RARANG

Main Author: FITRIANA, BAIQ ICHA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12132/1/skripsi%20revisi%20new.pdf
http://eprints.unram.ac.id/12132/
Daftar Isi:
  • Masalah yang ditemukan peneliti adalah masih kurang berkembangnya kemampuan berbicara anak di TK PGRI 15 Rarang karena masih kurangnya stimulasi yang diberikan guru. Proses pembelajaran masih berpusat pada majalah dan kurang dimanfaatkannya media serta permainan edukatif, oleh karena itu peneliti menggunakan film animasi sebagai stimulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan, di mana guru mengembangkan kemampuan berbicara anak meggunakan film animasi. Untuk memperoleh pengembangan yang optimal, subjek diberikan treatmen sebanyak 3 kali. Subjek penelitian ini adalah kelompok B1 sebanyak 20 peserta didik yang terdiri dari 14 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik mengumpulkan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan instrumen pengembangan kemampuan berbicara anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase. Hasil penelitian ini pada pengembangan I 43,51% pengembangan II 65,70% dan pengembangan III 97,57%. Melalui pemanfaatan film animasi dalam kegiatan pembelajarananak, guru mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Sehingga penggunaan film animasi yang baik akan berpengaruh pada kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 15 Rarang.