PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMPN 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: WAHYULANDARI, RIZA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12111/1/SKRIPSI%20RIZA%20WAHYULANDARI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/12111/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMPN 2 Labuapi pada pembelajaran materi relasi dan fungsi tahun ajaran 2018/2019 dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahapan dalam penerapan pendekatan RME menggunakan PBL terdapat lima fase yaitu fase 1 memberikan orientasi permasalahan kepada siswa (konteks), fase 2 mengorganisasikan siswa untuk penyelidikan (matematisasi), fase 3 pelaksanaan investigasi (interaktif), fase 4 mengembangkan dan menyajikan hasil (produksi dan konstruksi), dan fase 5 menganalisis dan mengevaluasi proses penyelidikan (keterkaitan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 12,33 dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II adalah 15,31 dengan kategori sangat aktif. Demikian juga pada peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal masing-masing siklus. Siklus I dengan ketuntasan klasikal 75,86% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 93,10%. Dengan demikian, maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran materi relasi dan fungsi secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMPN 2 Labuapi tahun ajaran 2018/2019.