PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATION, & EVALUATE) DENGAN LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 2 MATARAM

Main Author: HANAPI, HERI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12078/1/SKRIPSI%20%28HERI%20HANAPI-E1Q014016%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/12078/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) dengan literasi sains terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Sampel terpilih yaitu siswa kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar kognitif menggunakan tes uraian. Data perbedaan hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji t Independen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) dengan literasi sains terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Mataram.